Tahitian Noni Juice Indonesia Asli Dari Mengkudu

Agen Tahitian Noni Juice Indonesia 0852 8245 6034

Cara Yang Benar Membekukan Makanan Bayi Agar Tetap Sehat Dan Tahan Lama

/
/
/
227 Views

Cara Yang Benar Membekukan Makanan Bayi Agar Tetap Sehat Dan Tahan Lama –¬†Menjadi seorang ibu memang sebuah kebahagiaan terbesar bagi seorang wanita. Merawat bayi Anda setiap hari adalah aktivitas yang sangat menyenangkan. Mulai dari memandikan, menjaga bayi saat tidur, juga saat memberinya makan. Khusus dalam hal memberi makan bayi, Anda harus memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas agar dapat memberikan makanan yang terbaik untuk bayi Anda. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk membuat dan membekukan makanan bayi agar tetap sehat dan tahan lama.

Dengan menggunakan metode berikut ini Anda dapat menjamin makanan bayi Anda akan lebih segar, lebih alami dan tahan lama meskipun harus di simpan dalam waktu beberapa hari. Berbeda jika Anda membeli makanan bayi yang banyak di jual di pasaran yang biasanya mengandung bahan pengawet. Cara yang benar membekukan makanan bayi agar tetap sehat dan tahan lama bisa mengikuti panduan berikut ini:

Alat Yang Di Butuhkan Untuk Membuat Dan Membekukan Makanan Bayi

Tempat penyimpanan

  • Telenan
  • Es Batu
  • Panci
  • Pisau
  • Blender
  • Label
  • Saringan
  • Garpu

Tips Memilih Bahan Makanan Bayi

  1. Gunakan buah-buahan segar yang lembut pada saat matang seperti pisang, apricot, buah persik, plum, melon dan lain sebagainya. Pilihlah buah yang sudah matang dan lembut.
  2. Jika menggunakan buah yang memiliki tekstur lebih keras, maka Anda perlu memasaknya terlebih dahulu. Buah yang memiliki tekstur keras diantaranya seperti apel dan pir. Untuk buah jenis ini Anda perlu merebusnya selama 5 menit hingga teksturnya menjadi cukup lunak.
  3. Jenis sayur-sayuran seperti wortel, labu, bayam, kacang polong, ubi jalar dan lain sebagainya sebaiknya di masak dengan cara di kukus agar kandungan gizinya tidak banyak berkurang. Mengukusnya pun tidak boleh terlalu lama, jika sudah cukup lunak maka segera tiriskan.
  4. Jika menggunakan daging, maka pilihlah daging yang tidak berlemak. Selain itu juga Anda tidak boleh menggunakan garam pada daging yang akan di berikan untuk bayi Anda. Anda juga bisa menggunakan hati sebagai pengganti daging, hati mengandung banyak vitamin dan zat besi yang sangat baik untuk bayi. Selain itu tekstur hati juga lebih mudah di haluskan.

Setelah bahan-bahan membuat makanan bayi diatas telah Anda siapkan, maka selanjutnya adalah proses membuat makanan bayi


Cara Yang Benar Membekukan Makanan Bayi Agar Tetap Sehat Dan Tahan Lama

Cara Membuat Makanan Bayi

Untuk menghaluskan makanan bayi dengan tekstur lunak, Anda bisa menggunakan garpu.


Untuk makanan bayi yang memiliki tekstur lebih keras gunakanlah blender untuk menghaluskannya. Potong kecil-kecil bahan makanan kemudian masukkan kedalam blender. Tambahkan juga sedikit air agar tekstur makanan menjadi lebih halus sempurna.

Gunakan saringan untuk mengambil sari makanan dari beberapa bahan seperti apel dan pir yang banyak mengandung air. Ini sangat di sarankan jika bayi Anda masih berumur di bawah 6 bulan. Namun setelah itu Anda bisa memberikan makanan dalam bentuk padat.

Setelah makanan bayi selesai di buat, maka selanjutnya adalah menyimpannya dengan cara yang benar. Cara yang terbaik adalah dengan membekukannya.

Cara Membekukan Makanan Bayi

Gunakan wadah yang dapat tertutup rapat untuk menyimpan makanan bayi Anda. Kemudian masukkan es batu yang telah di pecah kedalamnya. Kemudian masukkan ke dalam freezer

Jika di dalam freezer terdapat bahan lain yang memilik bau yang kuat seperti bumbu dapur, maka Anda harus menyimpan bahan makanan bayi Anda di dalam kantong plastik yang memiliki klip diatasnya agar dapat tertutup dengan rapat dan bau tidak masuk kedalam.

Untuk makanan bayi yang berbentuk kim atau bubur, Anda sebaiknya menyimpannya dalam wadah loyang. Setelah itu tutup rapat dengan bungkus plastis dan masukkan ke dalam freezer.

Itulah tips yang dapat kami berikan mengenai cara yang benar membekukan makanan bayi agar tetap sehat dan tahan lama. Semoga bermanfaat.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest
It is main inner container footer text